5 Langkah Efektif Melakukan Stock Opname

5 langkah efektif melakukan stock opname

Jika bisnis Sobat Reno bergerak dibidang ritel, maka Sobat Reno akan menyadari semakin besar binsis maka semakin banyak stok barang yang dimiliki.

Mengelola stok akan menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan. Karena berarti akan semakin banyak gudang yang perlu dikontrol. Pengkontrolan stok barang pun akan menjadi sedikit lebih sulit karena akan berhubungan dengan pembukuan stok barang secara akutansi.

Maka dari itu diperlukan pengelolaan atau management persediaan barang yang baik dalam gudang. Selain nanti akan membantu dalam operasional sehari-hari, dengan adanya pengelolaan yang baik akan menghindarkan kita dari kerugian secara finasial.

Selain diperlukan pengelolaan yang baik, barang yang disimpan di gudang pun perlu disimpan dengan baik, agar tidak rusak selama disimpan di gudang.  Stok yang tidak tersimpan dengan baik dan disusun rapi malah akan menyulitkan pada saat proses pencarian.

Berikut adalah cara yang benar untuk menyimpan barang digudang

1. Simpan stok barang sejenis secara berdekatan

Stok barang yang sejenis harus diletakan di rak yang sama sesuai dengan kategorinya. Jangan mencampurkan dua stok barang yang berbeda di dalam rak yang sama. Misalnya Sobat Reno menyusun sabun mandi dengan mie instan. Hal ini harus dihindari karena selain akan merusak stok barang dan membuat penyusunan barang menjadi tidak teratur sehingga akhirnya sulit ditemukan.

2. Simpan stok barang sesuai dengan lokasinya

Walau terdengan sepele namun sebagian besar orang seringkali meletakan barang dengan asal di dalam gudang. Padahal, kebiasaan ini dapat menjadi kesalahan yang cukup fatal karena nantinya akan mempersulit dalam pengambilan barang jika dibutuhkan. Jadi simpanlah stok barang sesuai dengan tempatnya, jika perlu buatlah peta lokasi untuk masing-masing kategori stok barang.

3. Gunakan Label

Untuk membantu dalam menyusun stok barang, Sobat Reno bisa menggunakan label. Tujuannya agar Sobat Reno bisa degan mudah mengidentifikasi barang apa yang akan dicari.

Untuk penyusunan barang yang lebih kompleks, gunakan nomor urut atau barcode di setiap rak dan stok barang untuk mempermudah Anda dalam proses pengecekan

4. Urutan berdasarkan masa kadarluasa

Jangan mencampur stok barang baru dengan yang lama, selain akan mempersulit dalam pengecekan barang dengan memisahkan stok barang lama dengan baru juga akan membantu dalam menjaga kualits barang agar tetap prima.

5. Otomatisasi Sistem Penyimpanan Barang Anda

Cara penyusunan barang di gudang yang terakhir adalah dengan mengotomatisasi pengelolaan barang Anda. Software manajemen barang akan sangat berguna, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis yang cukup besar.

Tentunya, sistem ini akan membantu untuk mengotomatisasi berbagai aktivitas pengelolaan barang yang memakan banyak waktu dan menghemat biaya.

Salah satunya dengan Renotech Warehouse Management System. Info lebih bisa langsung cek disini

By | 2022-04-25T14:23:33+07:00 April 25th, 2022|News, warehouse|Komentar Dinonaktifkan pada 5 Langkah Efektif Melakukan Stock Opname