7 Aplikasi Online Meeting Terbaik Penunjang WFH yang Cocok Buat Kantor Kamu

Sejak pandemi berlangsung, berbagai kegiatan dialihkan ke ranah digital. Perusahaan-perusahaan pun memanfaatkan layanan meeting online untuk tetap menjalin komunikasi selama work from home. Aplikasi video conference banyak dimanfaatkan untuk mengadakan meeting online. Langkah ini diambil setelah adanya arahan Social Distancing dari pemerintah.

Berikut ini, ada 7 aplikasi meeting online yang bisa digunakan sebagai penunjang melakukan meeting jarak jauh bersama tim :

1. Zoom
Aplikasi video conference dari Amerika Serikat yang menjadi salah satu aplikasi pilihan konferensi jarak jauh. Popularitas Zoom melesat sejak berbagai negara di dunia memberlakukan pembatasan, akibat pandemi virus corona.
Zoom dapat menampung hingga 100 partisipan dalam satu waktu (untuk paket Basic/Pro). Layanan ini bisa Kamu dapatkan dengan harga mulai dari $14.99 per bulan. Paket tersebut termasuk bebas waktu penggunaan selama meeting alias unlimited meeting.

2. Google Meet
Aplikasi online meeting dari Google ini dapat melakukan conference dengan 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video. Aplikasi ini juga dapat terintegrasi dengan beberapa fitur Google, seperti kamu dapat membuat jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.
Pengguna perorangan dapat mengadakan rapat video yang aman secara gratis dengan Google Meet. Tim dapat menggunakan G Suite Essentials untuk mengakses fitur-fitur tingkat lanjut Meet, dan juga Drive, Dokumen, Spreadsheet, dan Slide yang didesain untuk bisnis. Harga mulai dari $10 USD per pengguna aktif/bulan.

3. Renomeet
Aplikasi online meeting buatan Indonesia ini juga tidak bisa dilihat sebelah mata. Hanya dengan harga mulai Rp. 50.000 per bulan, kamu bisa menikmati online meeting dengan durasi unlimited tanpa harus install aplikasi desktop. Selain layanan aman karena telah terenkripsi end-to-end, data internet kamu juga dapat hemat hingga 50% dari online meeting lainnya. Selain itu aplikasi ini legal, dan data kamu dilindungi hukum Indonesia, jadi tidak perlu takut data bocor ke luar negeri, bahkan layanan ini dapat dipasang di server kamu sendiri. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengadakan webinar dengan peserta up to 100 partisipan.
Renomeet versi Android dapat diunduh melalui tautan berikut. Pengguna juga bisa mencoba aplikasi secara Gratis Renomeet melalui situs website di tautan berikut.

4. Skype for Business
Skype merupakan sebuah aplikasi dari Microsoft yang memungkinkan 25 orang bertatap muka secara langsung secara online tanpa harus bertemu hanya dalam satu panggilan saja. Aplikasi ini dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat, seperti komputer atau PC, smartphone, hingga televisi.
Aplikasi video conference ini mendukung online conference, dengan harga mulai Rp39.100 per bulan (komitmen tahunan) mendapat fitur chat baik private maupun grup, dan panggilan telepon berbayar ke ponsel atau rumah.

5. Cisco Webex
Cisco WebEx sering dianggap sebagai salah satu penyedia layanan video conference terbaik karena mampu menyajikan kualitas gambar yang baik selama berjalannya video conference. Selain untuk video conference, aplikasi ini sebenarnya bisa digunakan untuk berkolaborasi dengan tim. Jadi tak hanya untuk meeting online, tetapi juga sebagai platform untuk komunikasi via pesan, berbagi file dan media, serta terhubung dengan cloud storage.

6. BlueJeans
Aplikasi berasal dari Amerika Serikat ini terkenal dengan kejernihan audionya karena sistem terintegrasi dengan Dolby Voice yang digunakan. Blue Jeans juga dilengkapi dengan kualitas video high definition (HD).
Aplikasi video conference ini mendukung online conference, dengan harga mulai dari $12.49 host per bulan mendapat fitur standard yang telah disediakan oleh bluejeans dengan durasi 5 Jam meeting.

7. Slack
Slack merupakan aplikasi online meeting berbasis grup yang dapat digunakan untuk mempermudah komunikasi. Biasanya, aplikasi ini sering digunakan oleh sebuah grup perusahaan atau tim. Aplikasi Slack mendukung beberapa fitur, yaitu berbagi dokumen dan melakukan panggilan video bersama dengan 15 orang dalam sekali panggilan.
Aplikasi video conference ini mendukung online conference, dengan harga mulai dari $6.67 USD per bulan mendapat fitur standard yang telah disediakan oleh Slack. [WSU]

By | 2021-04-21T15:02:59+00:00 September 29th, 2020|News, Uncategorized|Komentar Dinonaktifkan pada 7 Aplikasi Online Meeting Terbaik Penunjang WFH yang Cocok Buat Kantor Kamu