8 Masalah Gudang yang Masih Belum Terpecahkan

8 Masalah Gudang yang masih belum terpecahkanApakah kamu memiliki gudang yang masih menggunakan sistem manual? Bagi kamu yang masih memiliki gudang dengan sistem konvensional seperti itu, tentunya anda tidak asing dengan beberapa permasalahan umum yang sering terjadi di gudang seperti berikut ini:

1. Ruang yang terbatas
Harga lahan yang semakin meningkat menjadi salah satu kendala yang menyebabkan terbatasnya ketersediaan ruang untuk pergudangan. Dengan begitu, kamu mungkin akan menggunakan area yang sangat terbatas untuk gudang anda. Namun permasalahan utamanya adalah, apakah kapasitas gudang anda saat ini sudah mampu menampung seluruh barang anda?

2. Rendahnya produktivitas
Ruangan gudang yang terlalu luas akan mengakibatkan proses pengambilan barang yang lambat. Pekerja kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengambil barang pun akan menjadi lebih lama.

3. Kesalahan pekerja
Human error merupakan sesuatu yang natural dan tidak dapat dihindari. Gudang yang terlalu besar dan luas akan menyulitkan pekerja anda untuk menghafal dan mencari lokasi barang yang dibutuhkan. Dalam hal ini, tentu sangat mungkin terjadi kesalahan yang dilakukan oleh pekerja anda dalam mengambil barang ataupun menyimpan barang bukan?

4. Pekerja yang tidak jujur
Banyaknya orang yang bekerja dan lalu lalang di area gudang akan menyebabkan sulitnya pengawasan dan pemantauan pergerakan barang-barang yang ada di area gudang. Apabila terdapat pekerja yang tidak jujur di gudang anda, sangat mungkin barang-barang di gudang anda akan hilang (meskipun dalam jumlah yang kecil) sehingga kamu tidak menyadarinya. Setelah diakumulasikan seluruh barang yang hilang, barulah akan menyadari berapa banyak kerugian yang telah anda alami.

5. Akurasi data
Data anda sering kali tidak akurat atau tidak sesuai dengan jumlah barang yang ada dalam gudang anda. Bagaimana bisa begitu? Masalah ini sangat mungkin muncul karena pergerakan barang yang masuk dan keluar dari gudang anda tidak terlacak secara detail oleh data yang anda simpan.

6. Permasalahan audit
Proses auditing akan menjadi cukup sulit bagiĀ  yang masih menggunakan gudang manual terutama dikarenakan tingkat akurasi data yang rendah. Belum lagi, kamu harus benar-benar mengecek data yang ada dan barang dalam gudang anda satu per satu dengan teliti untuk menghindari kekeliruan yang mungkin terjadi. Namun, yakinkah anda bahwa tidak mungkin ada kekeliruan sekecil apapun dalam proses auditing kamu saat ini?

7. Gudang yang berantakan
Permasalahan ini cukup sering terjadi dan dapat terlihat kasat mata. Tidakkah anda pusing melihat peletakan barang yang ada di gudang kamu dengan kondisi yang cukup berantakan?

8. Sistem Manajemen Gudang
Sistem manajemen gudang yang baik akan menggunakan data yang belum terintegrasi sehingga menghambat proses yang terjadi di gudang dengan departemen-departemen lain yang terkait, seperti sales, produksi, dll.

Kedelapan masalah di atas dapat kamu atasi dengan mudah untuk mengelola stok barang di gudang. Pastikan juga kamu telah menggunakan sistem percatatan yang sesuai dengan sekala dan kebutuhan bisnis kamu. Sistem yang bagus akan menjadi aset bisnis kamu karena dapat mengamankan stok dan memberikan keuntungan. Renotech Warehouse Management System merupakan software sistem manajemen gudang yang cocok untuk membantu kamu dalam mengelola stok barang pada perusahaan. Untuk info lebih lanjut mengenai fitur Renotech Warehouse Management System yang memudahkan kamu dalam mengelola stok barang, dapat kamu lihat di sini. Dan temukan berbagai sistem untuk menunjang perusahaan kamu lainnya di sini.

By | 2022-11-03T13:33:36+07:00 November 3rd, 2022|News, warehouse|Komentar Dinonaktifkan pada 8 Masalah Gudang yang Masih Belum Terpecahkan