Akuntansi Mudah Untuk Siapa Saja dan Di Mana Saja

Akuntansi Mudah Untuk Siapa Saja dan Di Mana Saja

Masa pandemi yang sudah singgah kurang lebih satu tahun ini, sudah berhasil mengubah kehidupan kita, bukan? Tidak dipungkiri, masa pandemi ini membawa dampak cukup besar di hampir semua sektor bisnis. Oleh karenanya, kita harus memutar otak bagaimana dapat bertahan hidup dengan kondisi seperti ini.

Untuk menambah pemasukkan, ada yang menjalankan pekerjaan lain di luar pekerjaan kantorannya, misalkan freelance. Ada juga yang membuka bisnis makanan kecil-kecilan untuk melangsungkan kehidupan. Pada akhirnya, kita dapat beradaptasi pada situasi sulit ini, bukan? Membahas perihal bisnis, kita tidak pernah tahu 1, 2, atau 5 tahun ke depan bisnis yang kita jalani akan menjadi seperti apa. Selama kita melakukannya dengan benar, tidak menutup kemungkinan bisnis yang dibangun justru akan menjadi bisnis besar yang dapat diandalkan untuk menghidupi kehidupan.
Seiring berjalannya waktu, dengan jumlah persediaan, penjualan, dan variasi barang yang bertambah tentu saja seorang pengusaha akan kewalahan baik secara SDM maupun laporan keuangan. Untuk itu, bisnis tersebut memerlukan pengelolaan keuangan yang baik dan terstruktur. Meski tidak mempelajari pembuatan laporan tersebut secara khusus, ada beberapa hal dalam kehidupan dapat kita pelajari sendiri termasuk akuntansi.

Sebagai pelaku bisnis atau pengusaha, mengapa perlu memahami akuntansi?

Akuntansi dasar harus dipelajari oleh pengusaha bertujuan agar dapat merencanakan anggaran bisnis, mengelola arus kas sehingga dapat diketahui apakah keuangan bisnis masih di dalam jalur atau tidak, dan juga dapat melakukan pengendalian terhadap faktor internal (bisnis) dan eksternal (SDM).

Cakupan pekerjaan di bidang Akuntansi adalah melakukan analisa, pelaporan, dan pengawasan dari setiap transaksi keuangan yang berasal dari divisi Finance. Sedangkan orang yang bekerja di bidang ini disebut dengan Akuntan.

  • Akuntan memeriksa laporan dari modul Transaksi ⤍ Jurnal ⤍ Buku Besar ⤍ Laporan Keuangan
  • Berhubungan dengan Auditor untuk aktivitas Audit

Sederhana, bukan? Mungkin akan bisa lebih dipahami dengan learning by doing menggunakan RenoAccounting. RenoAccounting adalah sistem aplikasi Akuntansi Mudah Untuk Siapa Saja dan Di Mana Saja — bagian dari Renotech yang berbasis pada fungsi pencatatan Finance, Accounting, dan fungsi operasional pada umumnya.

RenoAccounting memungkinkan aktivitas pemantauan keuangan bisnis maupun divisi akuntansi di perusahaan tempat Anda bekerja yang dapat dilakukan dari mana saja. Tentunya hal ini mendukung sistem kerja dari rumah (Work From Home) selama masa pandemi yang masih jauh dari selesai ini. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai RenoAccounting atau ingin mencoba free trialnya, bisa langsung mengunjungi website renoacc.com atau menghubungi Tim Sales Renotech melalui menu Contact. [TAS]

By | 2021-04-21T15:03:35+00:00 Maret 19th, 2021|finance, News|Komentar Dinonaktifkan pada Akuntansi Mudah Untuk Siapa Saja dan Di Mana Saja