Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Ekspansi Bisnis

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Ekspansi Bisnis

setiap bisnis pasti ingin untuk dapat terus berkembang. Tidak heran apabila perusahaan yang sudah mampu beroperasi dengan stabil akan melakukan ekspansi bisnis. Istilah ekspansi bukanlah sesuatu yang asing bagi pelaku dunia bisnis. Ekspansi merupakan suatu aktivitas untuk memperluas bisnis. Jika dilakukan dengan tepat dan matang, aktivitas tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan perusahaan.

Dalam perspektif bisnis, secara umum, ekspansi adalah upaya untuk memperluas atau memperbesar jaringan bisnis perusahaan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan di masa depan

Bentuk Ekspansi

1. Merger atau Penggabungan,
Adalah proses menggabungkan dua atau lebih bisnis/perusahaan menjadi satu.
2. Akuisisi
Adalah Pengambil alihan suatu kepemilikan saham atas suatu aset perusahaan yang dijalankan oleh sekelompok investor tertentu.
3. Hostile Take Over
Adalah pengambil alihan bisnis secara paksa,
4. Leveraged Buy Out
Adalah usaha untuk memiliki perusahaan dengan cara meminjam uang untuk melakukan pembelian pada perusahaan tersebut

Tujuan Ekspansi Bisnis

  1. Untuk menarik konsumen baru.
  2. Menghasilkan keuntungan dengan menjual lebih banyak output kepada konsumen.
  3. Mendominasi pasar dengan mengendalikan pangsa pasar yang lebih tinggi, Dapat memimpin market sehingga dapat mempengaruhi harga pasar.
  4. Meningkatkan daya saing dengan membangun sumber daya yang lebih besar.
  5. Meningkatkan daya tawar terhadap stakeholder, termasuk ke pemasok, konsumen, dan distributor.
  6. Meningkatkan skala ekonomi dan dapat memperluas biaya ke lebih banyak output, juga menurunkan biaya per-unit.

Strategi untuk Melakukan Ekspansi Bisnis dengan Efektif

  1. Perencanaan yang matang
    Buat rencana sematang mungkin sebelum memperluas bisnis kamu. Rencana yang komprehensif dapat menghindari kehilangan kendali atas bisnis kamu. Selain itu, rencana yang matang juga dapat membantu kamu mengarahkan ke mana bisnis baru akan dibawa nanti.

Ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu coba tanyakan kepada diri sendiri, seperti:
– Apa yang menjadi target kamu kedepan?
– Bagaimana kamu melihat bisnis ini 5 tahun ke depan?
– Bagaimana kondisi penjualan kamu saat ini?

  1. Penentuan model bisnis
    Ketika melakukan kegiatan ekspansi, maka model bisnis kamu saat ini tidak akan sama lagi dengan model bisnis kamu nantinya. Dalam penerapan panjangnya, diperlukan SOP (standard operating procedures) , dan jika kamu ingin menambah karyawan, maka kegiatan bisnis juga nantinya akan berubah secara perlahan.
    Selain itu, cara penjualan kamu juga tentunya akan berubah seiring berjalannya waktu. Untuk itu, sangat penting untuk menentukan model bisnis kamu untuk membantu menentukan stkamur atau cara yang tepat yang bisa digunakan dalam aktivitas bisnis.
    Lebih dari itu, jika kamu sudah menentukan target pasar yang baru, dan sudah memiliki banyak jenis produk baru yang sangat variatif, maka kamu juga harus menentukan cara apa yang harus kamu terapkan untuk menyentuh target pasar yang lebih besar, memperoleh engagement, sampai melakukan tindakan penjualan di dalam pasar tersebut.
  1. Persiapkan modal
    Modal usaha pastinya akan diperlukan dalam melakukan kegiatan ekspansi. Modal tersebut diperlukan untuk menyewa atau membuat gedung baru, membeli toko online, menggaji karyawan, membangun toko fisik, sampai membangun pabrik produksi ataupun gudang, hal tersebut pastinya akan menghabiskan modal yang besar.
    Modal tersebut bisa saja kamu dapatkan dari profit yang selama ini kamu dapatkan dari proses penjualan, Di lain hal, kamu juga bisa melakukan pinjaman modal.
  1. Menambah produk dan layanan baru
    Tidak ada salahnya untuk menambahkan produk dan layanan baru yang unik. Memberi perusahaan kamu tampilan baru dengan mencoba lini bisnis baru adalah salah satu cara untuk mencapai hal ini. Ini adalah salah satu cara untuk memperluas bisnis. Tentu saja, kamu dapat melakukan ini tanpa meninggalkan bisnis yang ada, namun tentu harus disertai riset pasar.
  1. Promosi dengan aktif
    Lakukan promosi secara aktif dan berkala untuk memastikan bahwa konsumen mengenali kamu sejak awal dan lebih nyaman bertransaksi dengan kamu. Sebagai tips, kamu mungkin dapat secara rutin membagikan bocoran tentang promosi yang akan datang.
  1. Mencari target pasar baru
    Pasar baru adalah salah satu kriteria untuk ekspansi bisnis. Jika perusahaan kamu menciptakan produk dan layanan yang unik, kamu dapat menargetkan konsumen yang berbeda. Tetapi pencarian target pasar baru ini tidak menghalangi pencarian target pasar produk yang sudah ada.
  1. Membuka cabang
    Membuka cabang baru untuk memperluas jangkauan dan tingkatan brand awareness kamu kepada konsumen. kamu dapat memilih untuk memperluas bisnis kamu dengan membuka cabang baru di wilayah geografis yang sama atau berbeda. Cabang di wilayah geografis yang sama biasanya digunakan untuk membantu bisnis kamu dalam melayani konsumen yang tidak dapat dilayani oleh cabang utama. (biasanya cabang utama di-alih fungsikan sebagai head-office)
    Berbeda jika tujuannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan, kamu dapat membuka cabang di area lain. Tentu saja, perlu ada identifikasi dan penelitian lebih lanjut tentang tempat yang tepat bagi kamu untuk membuka cabang baru.
  1. Menyiapkan sistem lebih matang
    Di era serba digital ini, opsi penjualan melampaui toko fisik. Orang-orang berbondong-bondong ke toko online untuk mengubah kebiasaan konsumsi mereka. Di sisi owner, untuk mengelola bisnis terutama untuk penjualan, bisa dipertimbangkan untuk menggunakan Point of Sale(POS). Dari merekam penjualan, mengelola inventory hingga pembuatan laporan dapat lebih mudah dengan menggunakan POS untuk membantu owner menentukan kebijakan-kebijakan bisnis kedepannya.

Itulah penjelasan Ekpansi Bisnis – Pengertian, Bentuk, Tujuan dan Strateginya. Untuk tidak memiliki sistem yang benar sedari awal, merupakan sebuah tantangan yang besar untuk melebarkan sayap dari bisnis kamu. Renotech POS & Store Solution System merupakan sistem POS modern yang didesain sederhana dan mudah dipahami, mendukung operasional yang cepat dan dapat diandalkan, serta sangat modular. Untuk info lebih lanjut mengenai fitur Renotech POS & Store Solution System yang memudahkan kamu dalam mengembangkan bisnis, dapat kamu lihat di sini. Dan temukan berbagai sistem untuk menunjang perusahaan kamu lainnya di sini.

By | 2022-05-25T17:38:20+07:00 Mei 25th, 2022|News, POS|Komentar Dinonaktifkan pada Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Ekspansi Bisnis