Warehaouse management systemWarehaouse management system

Mulai dari harga rendah,

Dapatkan sistem gudang anda sekarang !

Cocok untuk

Usaha Kecil (UMKM)

hingga

Pabrik / Gudang

Sistem Anda adalah sebuah investasi.

Pilih solusi terbaik sekarang.

Hubungi Kami Untuk

Dapatkan Demo Gratis !




Get demo for FREE !




Sistem Manajemen Gudang 2019-09-24T11:18:52+00:00

Awalnya, sistem pengurusan gudang hanya dapat menyediakan lokasi penyimpanan secara sederhana dan memiliki data yang sangat intensif sehingga memerlukan staf khusus untuk menjalankannya.
Sesederhana maupun serumit apapun aplikasinya, tujuan sistem manajemen gudang tetap sama, yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen untuk mengontrol pergerakan material secara efisien di dalam sebuah gudang.
Pada akhirnya, tujuan nya adalah peningkatan profit dan kita tidak bisa meraih keuntungan lebih hanya dengan menjual lebih banyak, namun dengan menjual lebih cepat, lebih akurat dan meraih keuntungan lebih banyak dari pelanggan yang bahagia.

“Mendesain dan menerapkan Operasional Gudang yang Ramping dapat membawa dampak yang besar terhadap output dari supply chain secara keseluruhan.”
Lean Warehouse Operations
RENOTECH WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM
(RWMS) adalah aplikasi berbasis web yang mendukung operasional sehari-hari di sebuah gudang. Dengan RWMS, perusahaan dapat menekan jumlah kesalahan manusia, memaksimalkan efisiensi, efektivitas dan juga produktivitas.

Keuntungan

a

1. Meningkatkan Akurasi Stok

Increase Inventory accuracy

Akurasi stok adalah faktor yang sangat penting, dan adalah sebuah tantangan tersendiri untuk mencapainya. Item yang stock out menyebabkan penundaan pemenuhan order dan pada akhirnya menyebabkan hilangnya profit, namun mengeluarkan biaya lebih untuk menyimpan stok dan transportasi akan berdampak pada profit. Dengan Renotech Warehouse Management System, user dapat menggunakan Real Time Stock Monitoring untuk melakukan prediksi, menghitung berapa banyak produk yang harus diproduksi, mengidentifikasi area aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah, membantu mengurangi kerugian melalui rotasi stok dan meminimalisir biaya yang ditimbulkan dari stok yang kadaluarsa, hilang atau rusak.
User juga dapat mendapatkan keuntungan yang luar biasa dalam efisiensi operasional dengan mengetahui lokasi stok secara akurat, dan kuantitas produk yang tersedia (dapat didisplay berdasarkan produk, tanggal kadaluarsa, atau lokasi), dan kapan stok tersebut perlu diisi kembali. Replenishment adalah salah satu fitur utama dari RSuOS (Renotech Supplier Order System) dan dapat dikombinasikan atau diintegrasikan dengan RWMS. Hubungi RSuOS untuk informasi lebih lanjut.

2. Meningkatkan Manajemen Stok

improve stock management

Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan stok baik untuk produksi maupun order penjualan, penting bagi operator untuk dapat mengecek stok mana yang harus dikeluarkan (sesuai tanggal kadaluarsa) dan mana yang bisa dipakai untuk batch selanjutnya. Namun hal itu membutuhkan staf yang kompeten untuk mengoperasikannya. Dengan RWMS, user dapat meggunakan fitur Directed Stock Releasing, dimana sistem akan mengarahkan user untuk mengambil produk berdasarkan FIFO ataupun FEFO ke lokasi tertentu tanpa perlu mengetahui terlebih dahulu apakah produk tersebut tersedia di lokasi tertentu, kapan tanggal kadaluarsanya, atau berapa banyak kuantitas produk yang tersedia.
Fitur ini juga berkolaborasi dengan fitur Stock Booking and Releasing, dimana sistem akan menandai produk mana yang sudah dibooking terlebih dahulu, sehingga pemenuhan terhadap satu order penjualan tidak akan timpang tindih dengan pemenuhan order penjualan lainnya.

3. Meningkatkan Utilisasi Space Gudang

improve warehouse space utilization

Gudang merupakan aspek yang memakan biaya bagi perusahaan, mulai dari biaya tanah, bangunan, mesin, tenaga kerja dan semua barang yang disimpan di gudang, apabila dijumlahkan akan terakumulasi menjadi sebuah angka yang sangat besar. Dengan Directed Put-Away di RWMS, perusahaan dapat menekan biaya dan  meningkatkan efisiensi gudang dengan memaksimalkan utilisasi space, memastikan bahwa produk-produk dapat disimpan sebanyak mungkin dengan pengaturan space yang paling optimal. RWMS dapat menentukan lokasi yang tepat untuk meletakkan produk, baik di satu maupun beberapa lokasi. Dengan menggunakan informasi kuantitas barang yang akan diterima dan tanggal kadaluarsanya, sistem akan mencari lokasi dengan tanggal kadaluarsa yang sama (pada konfigurasi default, dalam satu lokasi harus disimpan produk-produk yang memiliki tanggal kadaluarsa yang sama, namun logic ini bisa dikonfigurasi) dan memiliki space yang memada.

Fitur ini juga berkolaborasi dengan fitur desain layout lokasi produk, sehingga sistem dapat menentukan lokasi yang tepat dan membantu proses picking agar lebih cepat. Dengan fitur ini, gudang dapat memanfaatkan semua space yang tersedia secara efektif dan efisien.

Fitur

a

1. Monitoring Stok Real Time
Real time stock monitoringMenyediakan monitoring stok secara real time (berdasarkan produk, lokasi, dan tanggal kadaluarsa) kapanpun user membutuhkannya.
2. Manajemen Lokasi
Dapat menentukan strategi desain layout lokasi produk untuk tiap layout gudang apapun.Location management
3. Sistem Barcode
barcode systemMengurangi input data secara manual dan resiko salah ketik (scan data dengan barcode jauh lebih cepat dibandingkan mengetik).
4. Manajemen Tanggal Kadaluarsa Produk
product expiry date managementMeningkatkan manajemen produk yang efisien dengan mengadopsi First-In-First-Out (memastikan stok dikeluarkan berdasarkan tanggal terima barang di masing-masing gudang).
5. Receiving & Put Away
Receiving & Put AwayBlind receiving (dapat melakukan beberapa penerimaan barang untuk satu Delivery Order) dan mempercepat proses put away dengan menghitung kebutuhan space atau kapasitas yang tersedia dan menyimpan produk di hari yang sama dengan hari diterimanya barang tersebut (Directed Put Away).
6. Manajemen Stok
inventory managementBooking dan rilis stok, dan rilis stok yang diarahkan sesuai dengan FIFO atau FEFO, dan memungkinkan transfer stok dari satu lokasi ke lokasi lainnya atau antar gudang.
7. Picking
pickingTerintegrasi dengan Renotech Picking and Handheld devices (sistem barcode),  yang membuat proses picking semakin efisien dan efektif.
8. Delivery Order
Dengan ASN, penerima barang dapat menerima informasi apabila ada perbedaan antara produk yang sedang dikirim dengan yang seharusnya akan diterima menurut delivery order. Delivery Order dapat digrouping berdasarkan order penjualan, satu rute pengiriman yang sama, atau mekanisme lainnya.Delivery order