Perkembangan Mesin Kasir

Cash Register

Setiap kita berbelanja di toko modern atau supermarket juga makan di restoran juga cafe, saat melakukan pembayaran kita hampir dipastikan akan sering menemui alat penghitung transaksi yang dinamakan mesin kasir atau cash register. Sebagai orang awam sebagian besar kita mungkin tidak seberapa peduli tentang benda ini, namun tidak ada salahnya bila kita mengenalnya lebih dalam apalagi bila kita memiliki bisnis yang memerlukan perangkat ini sebagai salah satu kelengkapan dan pendukungnya.

Tentang Mesin Kasir

Mesin Kasir atau Cash Register merupakan Peralatan Elektronik dan juga mekanik yang gunanya adalah untuk mencatat dan menghitung transaksi penjualan dari sebuahbadan usaha seperti : Supermarket, Café, Restoran, dan banyak lagi lainnya! Mesin Kasir ini juga memiliki tempat dimana seseorang dapat meletakan sejumlah uang dalam Cash Register ” Cash Drawer,dan Mesin Kasir juga memiliki memiliki kegunaan sebagai Pencetak hasil total Pembelian seseorang yang muncul dalam bentuk Struk atau Kertas yang berisikan rincian jumlah barang, harga danketerangan lainnya yang di hasilkan dari mesin Printer dari mesin kasir itu sendiri yang dapat menjadibukti untuk pelanggan apa bila mereka telah berbelanja di tempat tersebut

Sejarah Mesin Kasir

Sebelum mengenal Mesin Kasir lebih jauh, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu sejarah darimesin kasir itu sendiri. Mesin casir atau cash register ini asalnya di temukan oleh James Jacob Ritty yang merupakan pembuat dari mesin kasir itu sendiri. Penemuannya di mulai dari tahun 1879 paska perang sipil Amerika James Ritty merupakan pemilik salon yang berada di Dayton, Ohio Amerika Serikat .Fungsi dari mesin kasir ini dimana asalnya sebagai pencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan! Namun,perkembangan teknologi membuat Mesin Kasir kini di dukung dengan menggunakan beberapa perangkat yang membantu lainnya seperti Timbangan Digital, Pembaca Kartu Kredit ” Mesin EDC Electronic Data Capture saat ini menjadi trend yang berbasiskan digital dan juga barcode Scanner ” Alat Pemindai barcode!

Perkembangan Mesin Kasir

Mesin Kasir yang pada asalnya hanya di gunakan oleh beberapa perusahaan ternama saja, kini sudahmerebah keberbagai /egara sehingga mesin kasir tersebut dapat di operasikan sesuai kegunaannya! Kini kita dapat melihat beberapa jenis merek Mesin Kasir, seperti Mesin Kasir Casio, Mesin Kasir Sharp dan lainnya yang masing masing mesin tersebut memiliki kualitas yang baik yang dapat mengoptimalkansebuah perusahan dalam masalah penghitungan barang yang terjual,
Dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi komputerisasi yang pesat teknologi mesin kasirpun tak lepas dari proses komputerisasi tersebut, dan dalam perkembangannya tersebut kita saat ini mengenal POS System (Point Of Sale) dimana teknologi ini sudah berbasiskan PC POS yang menggunakan CPU sebagai prosesor dan peripheral lain seperti monitor display, printer kasir, Keyboard POS, juga Customer Display. Perangkat POS ini sendiri tidak akan bisa bekerja tanpa dilengkapi dengan POS Software yang di install pada operating systemnya. Sebagian besar operating system yang ada menggunakan Microsoft Windows beberapa berbasiskan Linux.

Generasi terbaru dari perkembangan mesin kasir termutakhir adalah berbasis Web/ Cloud yang memnungkinkan pengaksesan data server dari jarak jauh. Aplikasi yang dibangun untuk system ini biasanya dengan kombinasi OS berbasiskan mobile seperti Android (Google) juga IOS (Apple) dan beberapa dari Windows Mobile. Maraknya perkembangan teknologi berbasiskan APK di PlayStore Google dan App Store Apple bersaing ketat di ranah para developer untuk mencari pangsa pasar Moblie yang berbasiskan e-Commerce di Cloud.

Kegunaan Mesin Kasir

Mesin Kasir dibuat guna menurunkan angka kesalahan dalam system penghitungan yang di lakukan oleh sumber daya manusia, sehingga hal ini memperkecil potensi terjadinya kerugian sebuah perusahaan dengan perhitungan yang tepat, tentu para pelanggan pun akan lebih puas dan tidak akan terjadi kesalahan yang menyebabkan para pelanggan harus komplen pada pemilik usaha tersebut . Kegunaan yang selanjutnya, Mesin Kasir ini juga ditujukan untuk menghindari adanya kecurangan yang mungkin saja di lakukan oleh seseorang atau sumber daya manusia yang di rekrut sebagai kasir! Karena ketika para pelangan berbelanja, maka para pelanggan akan menerima struk pembeliannya sehingga semua rincian terdapat pada struk tersebut.

2020-04-06T13:29:02+00:00